PROGRAM UPAYA KESEHATAN USIA LANJUT



PROGRAM UPAYA KESEHATAN USIA LANJUT
PUSKESMAS CURAHDAMI TAHUN 2016

        Keberhasilaan pembangunan kesehatan di Indonesia mempunyai dampak antara lain : meningkatnya umur harapan hidup lansia yang mengakibatkan meningkatnya jumlah dan proporsi penduduk Lansia. Proses penuaan pada lansia diikuti dengan kemunduran fisik, biologic, mental maupun social ekonomi, akan mengakibatkan permasalahan lansia semakin kompleks dan rumit.
Lansia mempunyai keterbatasan fisik dan kerentanan terhadap penyakit, secara alami bertambahnya usia akan menyebabkan terjadi perubahan degeratif. Gerak dan mobilitas lansia menjadi lambat daripada kelompok umur yang lebih muda, begitu juga dengan kekuatannya. Secara mental lansia juga sering kali mempunyai perasaan tertekan / depresi akibat fisik yang lemah, kemampuan ekonomi yang menurun karena sudah berhenti bekerja/ pensiun serta perasaan tersisih dari masyarakat karena berkurangnya kontak social.
        Kelompok lansia sendiri kurang dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada, antara lain disebabkan oleh jarak puskesmas yang cukup jauh dari tempat tinggalnya, tidak ada yang mengantar atau pun ketidak mampuan di dalam membayar biaya pelayanan.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka puskesmas mengembangkan model pelayanan santun lansia yang dapat melayani lansia baik di dalam gedung seperti pelayanan pengobatan di Puskesmas, Pustu dan Ponkesdes dan di luar gedung dapat di kembangkan Posyandu Lansia.
Kegiatan pokok pelayanan Lansia yaitu dilaksanakan di dalam gedung. Di dalam gedung seperti pelayanan Lansia pada Pelayanan Pusesmas Induk, Puskesmas Pembantu dan pada Ponkesdes, diantaranya :
-                 Pendaftaran
Register kunjungan, Kartu Kunjungan, Berkas Rekam Medik.
-                 Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan / Pemeriksaan kesehatan / Poli klinik.
Administrasi, Pemeriksaan / Alat Diagnostik, Alkes, Media Promosi / Media Penyuluhan.
-                 Pelayanan / Pemeriksaan Penunjang
Pelayanan Laboratorium Sederhana, Pelayanan Gizi.
-                 Pelayanan Farmasi / Kamar Obat.
-                 Pencatatan dan pelaporan

Di Luar gedung, bekerja sama dengan Lintas sector terkait yaitu penyelenggraan Posyandu Lansia setiap 1 bulan sekali di masing – masing Posyandu Lansia. Pelayanan Posyandu Lansia meliputi pemeriksaan fisik dan mental emosional. KMS ( Kartu Menuju Sehat ) Lansia sebagai pencatat dan pemantau untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita ( deteksi dini ) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi dan mencatat perkembangannya.Posyandu Lansia dilakukan dalam 5 tahapan( 5 meja ) sbb :

MEJA
KEGIATAN
SARANA YANG DIBUTUHKAN
PELAKSANA
I
Pendaftaran
Meja, kursi, alat tulis, buku regester dan buku pencatatan kegiatan, KMS, BPPK / Buku Pedoman Pemeliharaan Kesehatan bagi Lansia
Kader
II
Pencatatan kegiatan sehari – hari, Penimbangan BB dan Pengukuran TB
Meja, kursi, alattulis, KMS, Stetoskop, Tensimeter, BPPK Lansia
Kader ( IMT perlubantuan )
III
Pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kesehatan,
Meja, kursi, alattulis, KMS, Stetoskop, Tensimeter, BPPK Lansia
Kader dibantu petugas
IV
Laboratorium ( Pemeriksaan HB, Pemeriksaan Urine )
HB Talquist, Sahli, pemeriksaan gula darah
Petugas kesehatan
V
Penyuluhan / konseling
Meja, kursi, KMS, Media KIE, Leaflet, Poster, Lembarbalik, media elektronik lainnya ( missal CD )
Kader dibantu petugas

1.    Sasaran
Sasaran dari pelayanan lansia yaitu :
a.       Sasaran lansung :
-                Kelompok usia virilitas / PraLansia ( 45 – 59 tahun )
-                Kelompok Lansia ( ≥ 60 tahun )
-                Kelompok Lansia resiko tinggi yaitu lebih dari 70 tahun atau lansia berumur 60 tahun atau lebih dengan masalah kesehatan
b.      Sasaran tidak langsung :
-                Keluarga dimana lansia berada
-                Masyarakat dimana lansia berada
-                Organisasi social yang bergerak dalam pembinaan kesehatan lansia
-                Petugas kesehatan dan masyarakat luas yang melayani kesehatan lansia.
2.    Jadual Pelaksanaan
Terdiri dari :
-          Pelayanan di dalam gedung dilaksanakan setiap hari.
-          Pelayanan di luar gedung dilaksanakan 1 bulan sekali sesuai dengan jadwal pelaksanaan Posyandu Lansia di setiap desa
 DOKUMENTASI KEGIATAN UPAYA KESEHATAN LANSIA
REFRESING KADER POSYANDU


























DOKUMENTASI KEGIATAN POSYANDU LANSIA
 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama